Jumat, 04 Februari 2011

Pamer Honeycomb, Google Siap Kejar iPad

Android versi 3.0 atau Honeycomb resmi diluncurkan Google. Mereka telah memamerkan preview OS tersebut di tablet Motorola Xoom. Honeycomb digadang-gadang dapat meruntuhkan dominasi Apple di ranah tablet.

Honeycomb memang khusus ditujukan untuk perangkat tablet yang memakai layar besar serta kemampuan komputasi lebih tinggi. Namun beberapa analis menilai kehadiran Honeycomb tidak akan serta merta mengubah peta pasar.

"Ini (Honeycomb-red.) memang sedikit memperpendek gap. Namun tidak ada sesuatu di dalamnya yang akan membuat saya mengantrenya," tukas analis Colin Gilis dari BCG, dengan referensi dari antrean yang terjadi kala peluncuran iPad.

Apple masih mengangkangi Android di ranah tablet. Akan tetapi Apple tidak mampu mengejar Android di pasar smartphone, yang baru saja menjungkalkan Symbian sebagai OS terpopuler di dunia.

Ambisi Google untuk mengalahkan iPad di pasar tablet akan bergantung pada support dari manufaktur terhadap Honeycomb, operator telelomunikasi dan para developer pembuat aplikasi. Google saat ini memiliki lebih dari 100 ribu aplikasi untuk Android, masih kalah dengan sekitar 300 ribu aplikasi milik Apple.

Dengan perkenalan Honeycomb, para vendor besar diprediksi akan segera merilis tablet berbasis OS 'sarang lebah' ini selambatnya pada pertengahan tahun 2011. Motorola Xoom contohnya, bakal mulai dikapalkan pada kuartal pertama tahun ini.

Sumber : Detikinet

Artikel Terkait



0 comments:

Posting Komentar