Selasa, 21 Februari 2012

Tablet Windows 8, Akankah Hadir Tahun Ini?

Komputer tablet Windows 8 diprediksi hadir tahun ini. Bagaimana peluangnya menghadapi iPad sang pemimpin pasar dan juga deretan tablet berbasis Android?

Analis mengatakan tablet Windows 8 harus dijual dengan harga terjangkau dan dibekali banyak aplikasi agar mampu bertarung. Fungsionalitasnya juga harus lengkap. 
Sukses tablet Amazon Kindle Fire misalnya, dipicu oleh harganya yang murah, USD 199. Kini, Amazon Kindle Fire hanya dikalahkan iPad dalam soal jumlah penjualan. Di sisi lain, posisi tablet Android yang lain dinilai melemah yang bisa jadi peluang bagi Microsoft.

"Naiknya pengapalan tablet non iPad di kuartal 4 2011 dicapai dengan ongkos tinggi, dengan diskon harga di banyak tablet Android dan pemberian produk gratis sebagai bagian promosi," ucap Rhoda Alexander, analis dari IHS. 

Banyaknya gugatan paten terhadap Android diperkirakan pula membuat para vendor melirik Windows 8. Peluang ini perlu ditangkap Microsoft dengan memberikan harga kompetitif pada para mitranya.

"Para manufaktur dan vendor branded mencari alternatif di Windows 8 yang mungkin lebih menguntungkan," tambah IHS, dikutip eWeek, Senin (20/2/2012). 

Tablet Windows 8 pun harus dijual dengan harga lebih rendah dari iPad. Sebab menilik pengalaman sebelumnya, susah bagi vendor tablet bersaing dengan iPad jika harganya sama atau lebih mahal.

Microsoft juga dinilai harus menghadirkan banyak aplikasi berkelas di Windows 8. Seperti diketahui, faktor besar kesuksesan iPad adalah ekosistem aplikasinya yang melimpah.



Sumber : Detikinet

Artikel Terkait



0 comments:

Posting Komentar